Bahayanya Komentar Spam Dan Cara Mengatasinya

Image result for spam komentar
Tidak semua blog merasakan adanya komentar spam, saya sudah pernah merasakan adanya komentar spam beberapa kali. Paling banyak adalah komentar yang memasang link, walaupun bahasanya memuji tetap saja ada maksud tersembunyi untuk meningkatkan ranking organik, misalnya "Nice artikel, terima kasih". Ya, sangat licik bukan. Bisa dilihat dari tulisan yang saya buat, komentar memuji tetapi terdapat link.

Apa Itu Spam?

Spam adalah mengirim pesan yang tidak disenangi dan tidak dikehendaki oleh penerimanya. Biasanya seorang Spammer (orang yang melakukan spam) mengirim pesan dengan maksud tertentu.

Spam memiliki banyak bentuk salah satunya Menanam link yang menguntungkan dirinya sendiri atau mengirim banyak pesan secara bertubi-tubi yang merugikan penerimanya. Spam juga sudah merambat ke berbagai media sosial seperti facebook, twitter dan Instagram. Spammer mempunyai tujuan untuk menguntungkan diri sendiri (seperti : untuk Seo blog) atau merugikan orang lain (seperti : phising, memberi malware atau virus).

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Untuk pengguna wordpress, sebaiknya kalian boleh berbangga hati karena kalian bisa settings serta penggunaan plugin dengan mudah untuk mengatasi spam sebaliknya Blogger cukup sulit

Sebagai seorang blogger juga, saya akan memberikan cara untuk mengatasi spam di blog kalian:
1. Jangan perbolehkan komentar Anonym
masalahnya jika orang tersebut benar-benar berniat untuk berkomentar, orang tersebut tidak akan menggunakan anonym pasti di menggunakan akun googlenya.
2. Gunakan tools atau sejenisnya
Ya, menggunakan tools berfungsi untuk menghindari komentar otomatis karena yang melakukan hal tersebut bukanlah manusia tetapi robot (tidak hanya komentar, robot juga bisa menaikan pageviews tetapi berdamapk buruk).
3. Aktifkan Moderasi Komentar
ini adalah cara yang paling ampuh untuk menghindari spam karena dapat mengkontrol pesan-pesan yang datang.
4. Hapus Bila Bertemu Spam
Jika kalian melihat yang menurut kalian adalah spam jangan ragu-ragu untuk menghapus spam tersebut karena itu menguntungkan bagi kalian.
5. Gunakan rel="nofollow"
pada beberapa blog seperti wordpress atau blogger, atribut ini sudah ada sejak default, jadi jangan diedit-edit lagi.

Komentar adalah tempat untuk berkomunikasi atau tempat untuk bertanya antara pengunjung atau pembuat blog, janganlah membuat komentar memuji berubah menjadi sampah yang tidak berguna. Semoga bermanfaat bagi kalian semua dan terima kasih telah berkunjung.

0 Response to "Bahayanya Komentar Spam Dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar